Minggu, 31 Agustus 2014

Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Jatim



LIMA TEMA GEOGRAFI KECAMATAN JENU


Disusun untuk memenuhi tugas akhir matakuliah pengantar geografi yang dibina oleh  Bapak Mustofa




Oleh
Atik Istikhomatin (120721435414)
Mila Lishowabi (120721435413)
 Off. k



UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN GEOGRAFI
November 2012



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmatnya, penulis dapat menyelesaikan tugas akhir matakuliah pengantar geografi yang dibina oleh Bapak Mustofa.
            Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam rangka menyelesaikan makalah ini. Khususnya kepada Bapak Mustofa  yang telah memberikan bimbingan, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak lain yang telah memberikan bantuan, baik bantuan berupa saran dan materi.
            Semoga makalah ini dapat bermanfaat. Bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya, dan khususnya bagi mahasiswa Jurusan Geografi angkatan 2012 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Terima kasih.

                                                                                    Malang, November 2012

                                                                                                Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Jenu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Jenu merupakan Kecamatan di Kabupaten Tuban yang letaknya paling dekat dengan kota Tuban. Hampir sebagian wilayahnya berada di pesisir utara pantai jawa. Kecamatan  ini adalah salah satu kecamatan penting di Tuban. Kecamatan ini memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, terbukti dengan banyaknya industri yang didirikan di kecamatan ini.  
Sebagian wilayah Jenu merupakan kota Tuban, yakni desa sugihwaras. Kecamatan ini merupakan salah satu kecamatan yang terletak di sebelah utara Kabupaten Tuban. Terdiri dari 17 desa yaitu Sugihwaras, Jenu, Sekardadi, Jenggolo, Beji, Kaliuntu, Suwalan, Wadung, Mentoso, Rawasan, Sumurgeneng, Remen, Tasikharjo, Purworejo, Temaji, Socorejo, dan Karangasem.
Setiap kawasan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga perlu adanya kajian mendalam tentang kecamatan Jenu. Maka dari itu diangkatlah makalah yang berjudul “ Lima Tema Geografi Tentang Kecamatan Jenu”. Makalah ini disusun agar mampu memberikan kontribusi aktif dalam pembelajaran Geografi.


1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut, maka dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1.      dimanakah letak geografis Kecamatan Jenu?
2.      bagaimanakah human and phisical characteristic Kecamatan Jenu?
3.      bagaimanakah pergerakan atau movement yang terjadi di Kecamatan Jenu?
4.      bagaimanakah human environment interaction yang terjadi di Kecamatan Jenu?
5.      bagaimanakah bentuk tema region Kecamatan Jenu?
1.3  Tujuan
Dari latar belakang tersebut, maka dirumuskan tujuan sebagai berikut :
1.      menjelaskan letak geografis Kecamatan Jenu
2.      menjelaskan human and phisical characteristic Kecamatan Jenu
3.      menjelaskan pergerakan atau movement yang terjadi di Kecamatan Jenu
4.      menjelaskan human environment interaction yang terjadi di Kecamatan Jenu
5.      menjelaskan bentuk tema region Kecamatan Jenu





BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Letak Geografis
Lokasi relatif relatif kecamatan Jenu adalah sebagai berikut .
Kecamatan Jenu merupakan kecamatan di Kab Tuban yang terletak di kawasan pantai utara dan berjarak sekitar 7 km dari pusat Kabupaten  Tuban. Sebelah barat kecamatan Jenu berbatasan dengan kecamatan Tambakboyo, sebelah timur berbatasan dengan kecamatanTuban, sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan Merakurak dan Kecamatan Kerek dan sebelah utara berbatasan dengan laut Jawa.
Sedangkan untuk lokasi mutlaknya adalah terletak pada 6°49'56"S   111°59'57"E.
pet jnu.png
2.2 Human and Phisical Characteristic
Kecamatan Jenu terdiri dari beberapa kawasan perekonomian yakni :
a.       kawasan pertanian
 Kawasan pertanian kecamatan Jenu berada di daerah desa Sumurgeneng, desa Temaji, desa Karangasem, desa Tasikharjo, desa Mlangwe dll.
b.      kawasan pesisir atau kampung nelayan
Kawasan pesisir berada di daerah desa Socorejo, desa Kaliuntu, desa Mentoso.     
c.        kawasan industri.
Kawasan industri berada di daerah desa Remen, desa Tasikharjo, desa Wadung,  desa Socorejo dll
 Human charracteristic pada masyarakat nelayan adalah:
1.      cenderung lebih keras wataknya dalam berbicara,
2.      masyarakat menggunakan nada yang tinggi
3.      memiliki sifat konsumtif
Sedangkan pada masyarakat pertanian, human charracteristicnya adalah:
1.      lebih halus dalam bertutur kata,
2.      tingkat konsumsinya lebih rendah
3.      tingkat kegotongroyongannya masih tinggi.
Adapun physical charracteristic pada wilayah kecamatan jenu adalah sebagai berikut:
Ketinggian daratan di Kecamatan Jenu berkisar antara 5 - 182 meter diatas permukaan laut (dpl). Bagian utara berupa dataran rendah dengan ketinggian 0 – 15 meter diatas permukaan laut, bagian selatan dan tengah juga merupakan dataran rendah dengan ketinggian  5 – 500 meter. Daerah yang berketinggian 0 – 25 m terdapat disekitar pantai
 Kecamatan Jenu sangat berdekatan dengan pantai yang memiliki suhu udara  antara 25º-27,5º C dengan iklim tropis kering. Curah hujan bervariasi dari rata-rata  berkisar 1483 mm per tahun.
Potensi sumber daya lahan  berdasarkan analisa keruangan adalah Jenis tanah Alluvial atau tanah endapan, Jenis tanah alluvial mendominasi yaitu berada disekitar Desa Sugihwaras sampai disekitar desa Beji. Untuk jenis tanah Mediteran berada di sekitar Desa Remen, Tasikharjo, sebagian Desa Purworejo dan sebagaian Desa Temaji. Jenis tanah Litosol  dan  Gramusol terdapat di Desa Purworejo sampai Desa Bulujowo Bancar, Jenis tanah Regusol desa Jenggolo sampai Sumurgeneng. Kondisi geologi/ tanah di wilayah pesisir kecamatan jenu pada umumnya mempunyai kelerengan antara 0-2% yang terletak antara 0 – 100 dpl.
2.3 Pergerakan atau Movement
Untuk melakukan perpindahan dari daerah satu ke daerah lain, masyarakat menggunakan sarana transportasi sebagai berikut:
a.                        angkotan Umum
b.                       sepeda motor
c.                        mobil pribadi
d.                       becak
e.                        tossa
 Sedangkan sarana komunikasi yang digunakan oleh masyarakat adalah:
a.       telepon
  b.   internet
  c.  handphone
  d. surat
 2.4 Human Environment Interaction
Dengan kekayaan alam yang dimilikinya, banyak potensi-potensi yang dapat dikembangkan, diantaranya:
a.  energi
Kondisi dan kekayaan alam di kecamatan Jenu sangat mendukung untuk meningkatkan produksi energi yang diperlukan oleh masyarakat. Energi yang dapat dikembangkan di daerah ini antara lain energi listrik. Dengan adanya pasang-surut air laut, maka di Kecamatan Jenu dapat dikembangkan pembangkit listrik tenaga pasang-surut air laut. Selain itu, juga terdapat energi panas bumi yang juga dapat dimanfaatkan sebagai PLTU yang kini mulai dibangun didaerah ini dan berbagai macam energi yang dapat digunakan yaitu seperti tenaga air maupun tenaga surya.  
b.      pertanian
Tanah yang subur dan pasokan air yang melimpah menjadikan daerah ini dapat ditanami berbagai jenis tanaman, diantaranya padi, jagung, kacang dan sebagainya.
c.       Perikanan dan Kelautan
Dengan laut yang begitu luas yang melintasi kecamatan Jenu, maka industri perikanan pun dapat dikembangkan dengan baik. Di kecamatan Jenu juga   terdapat banyak tambak maupun tempat-tempat pengolahan ikan.

     2.5 Bentuk tema region Kecamatan Jenu
Kecamatan jenu juga terkenal dengan sebutan kampung santri, hal ini dikarenakan banyak sekali pesantren-pesantren yang terdapat di kecamatan ini. Selain itu di kecamatan Jenu juga terdapat banyak sekali sekolah-sekolah islam atau madrasah, dari tingkat MI sampai MA, bahkan di sini tidak ada sekolah menengah atas  umum, namun sekolah yang bernuansa islami. Tidak hanya terkenal sebagai kampung santri, di Jenu juga terdapat suatu kawasan budidaya mangrove yang di beri nama Mangrove Center. Disini terdapat banyak jenis tumbuh-tumbuhan mangrove.s
Walaupun telah menjadi kampung santri namun masyarakat Jenu tetap mempertahankan kebudayaan mereka. Masyarakat Jenu mempunyai kebudayaan yang unik yakni, pihak perempuan yang melamar ke pihak lelaki terlebih dahulu dengan membawa makanan yang terbuat dari ketan yang ditumbuk sampai lembut yang disebut dengan “Gemblong” dan juga beberapa rangkaiannya, adat ini disebut dengan “Nggemblong” 





BAB III
PENUTUP
Kecamatan Jenu merupakan kecamatan di Kab Tuban yang terletak di kawasan pantai utara dan berjarak sekitar 7 km dari pusat Kabupaten  Tuban.
Potensi sumber daya lahan  berdasarkan analisa keruangan adalah Jenis tanah Alluvial atau tanah endapan, Jenis tanah alluvial mendominasi yaitu berada disekitar Desa Sugihwaras sampai disekitar desa Beji. Untuk jenis tanah Mediteran berada di sekitar Desa Remen, Tasikharjo, sebagian Desa Purworejo dan sebagaian Desa Temaji. Jenis tanah Litosol  dan  Gramusol terdapat di Desa Purworejo sampai Desa Bulujowo Bancar, Jenis tanah Regusol desa Jenggolo sampai Sumurgeneng. Kondisi geologi/ tanah di wilayah pesisir kecamatan jenu pada umumnya mempunyai kelerengan antara 0-2% yang terletak antara 0 – 100 dpl.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar